Wednesday, October 24, 2012

Kunjungan ke POLDA Jawa Timur


Regional Traffic Management Center(RTMC) POLDA Jatim

Regional Traffic Management Center atau yang biasa disingkat dengan RTMC merupakan program kepolisian daerah untuk pengembangan infrastruktur lalu lintas dan peningkatan mutu manajemen lalu lintas di beberapa daerah dan untuk wilayah Jawa Timur baru diresmikan sekitar bulan Februari tahun 2011 oleh Polda setempat. Dengan RTMC ini Polda Jatim hampir dapat mengetahui keadaan seluruh jalan yang terdapat di Jatim sehingga dengan adanya RTMC ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang terjadi dan juga dapat menekan aksi kejahatan di jalanan. Dengan RTMC kita juga bisa mengetahui daerah mana saja yang sering terjadi kemacetan dan juga daerah-daerah yang rawan kecelakaan dan hal ini juga diinformasikan Polda setempat kepada masyarakat lewat media sosial yang ada sehingga itu sangat membantu masyarakat. Sedangkan untuk tingkat nasional itu terdapat yang namanya National Traffic Management Center atau yang biasa disingkat dengan NTMC. Dan untuk wilayah yang lebih kecil lagi yaitu kota biasanya disebut dengan TMC saja yaitu Traffic Management Center.

RTMC ini menggunakan teknologi CCTV yang terkoneksi dengan internet dan dipasang di berbagai titik di tiap-tiap kota di Jawa Timur. Lalu nanti tiap TMC (Traffic Management Center) yang berada di tiap-tiap kota tersebut terhubung dengan induknya yaitu RTMC yang terdapat di Surabaya. Saat ini hampir ada 140 kamera CCTV yang terpasang di seluruh wilayah Jawa Timur dan yang paling banyak adalah di Surabaya. Dan tidak hanya kamera CCTV yang dipasang di berbagai kota di Jatim, akan tetapi Polda Jatim juga menempatkan kamera yang dilengkapi dengan GPS di kendaraan patroli.

Adapun komunikasi antara TMC dengan RTMC adalah komunikasi 2 arah, maksudnya yaitu : TMC memberikan data yang diperolehnya ke RTMC dan TMC juga mendapatkan data-data dari RTMC, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk komunikasi RTMC dengan NTMC juga 2 arah seperti halnya komunikasi TMC dengan RTMC. Hal itu memudahkan polda jika terdapat suatu kejadian di jalan yang mana si pelaku itu lari hingga ke kota lain bahkan ke daerah lain. Sehingga dengan adanya RTMC ini benar-benar dapat membantu kinerja para polisi untuk melayani masyarakat. Dengan adanya sistem RTMC ini dapat menguntungkan berbagai pihak, mulai dari polisi yang dapat mempermudah pekerjaannya dan juga masyarakat sekitar karena mereka dapat mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi terkait masalah lalu lintas.

Untuk korelasi informasi yang didapat dengan tugas Final Project jarmul kelompok hampir tidak ada dikarenakan topik yang kami ambil adalah Teleconference. Mungkin yang sedikit menyangkut adalah tentang video-nya. Yaitu informasi bagaimana jalannya sebuah multimedia disini adalah video yang didapat dari CCTV itu terkirim lewat koneksi internet sehingga dapat ditampilkan ke server utamanya.


Usulan riset terkait dengan kunjungan.
Riset mengenai prediksi tingkat kemacetan serta tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan-jalan  untuk tahun-tahun selanjutnya menggunakan data saat ini yang mana data tersebut diperoleh dari RTMC. Atau prediksi penataan jalan yang baik agar dapat mengurangi tingkat kemacetan yang ada saat ini dengan menggunakan data yang didapat dari RTMC



About imaifishy

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.